Bisnis Catering Kecil Menjanjikan
Bisnis Catering Kecil Menjanjikan

Seringkali para ibu rumah tangga merasa bosan ketika berada di rumah dan ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat besar. Banyak yang ingin mencoba berbisnis namun terlalu takut dan bingung karena banyak hal yang harus dipikirkan. Padahal ada banyak sekali bisnis kecil yang menjanjikan dan mampu menghasilkan keuntungan berlimpah. Salah satunya seperti membuat catering makanan atau nasi kotak. Bagi Anda yang jago memasak, tentunya jenis bisnis yang satu ini terdengar cukup mudah dan menjanjikan.

Kenapa Harus Catering Makanan?

Sebenarnya catering makanan merupakan bisnis yang menguntungkan karena bisa dilakukan kapanpun, dimanapun, dan tidak butuh modal yang besar. Kuncinya hanya satu yaitu kemampuan memasak yang handal sehingga masakan terasa lezat dan bisa disukai pelanggan.

Alasan kenapa bisnis catering wajib dicoba adalah karena makanan merupakan kebutuhan pokok dan paling utama bagi manusia. Hampir setiap hari akan ada pelanggan yang memesan menu catering, misalnya untuk acara tertentu, rapat, seminar, makan siang kantor, dan sebagainya. Apalagi kalau Anda sudah memiliki relasi atau partner bisnis, maka pesanan akan terus mengalir secara rutin.

Tips Mulai Bisnis Catering

Catering memang menjadi salah satu usaha kecil yang menjanjikan. Akan tetapi Anda harus memperhatikan beberapa hal penting lebih dulu sebelum memulainya. Meskipun terkesan simpel karena hanya perlu memasak makanan lezat, menyusunnya pada kardus kotak makanan dan mengirimnya ke pelanggan. Namun semua itu tidak semudah yang dibayangkan karena bisnis catering bukan hanya fokus pada makanannya saja. Nah, berikut ini ada tips bagaimana memulai usaha catering makanan agar cepat sukses!

  1. Susun Rencana yang Matang

Pertama yang harus Anda lakukan adalah menyusun rencana bisnis terlebih dahulu, mulai dari memikirkan modal, pasokan bahan makanan, karyawan, strategi marketing, penjualan, harga, dan sebagainya. Kalau dibutuhkan, Anda bisa mengajak orang lain sebagai partner bisnis seperti suami, keluarga, saudara, bahkan orang tua. Dengan begitu beban akan semakin berkurang karena ada orang yang membantu Anda menyiapkan segalanya.

  1. Ciptakan Masakan Lezat

Makanan yang lezat merupakan prioritas utama untuk bisnis di bidang catering makanan. Bayangkan saja kalau makanan yang dibuat rasanya aneh atau tidak enak. Sudah pasti tidak akan ada lagi pelanggan yang mau memesan jasa catering Anda bukan? Apabila Anda tidak mempunyai bakat memasak, bisa mengakalinya dengan mempekerjakan beberapa karyawan yang ahli di bidang tersebut.

  1. Fokus Juga Pada Penampilan

Selain rasa, biasanya orang lain juga menilai penampilan makanan yang disajikan. Meskipun ditaruh di dalam kotak tetapi Anda wajib memperhatikan cara penyajiannya. Usahakan agar penataan nasi, lauk, sayur, buah, dan kerupuk tersusun rapi. Gunakan pembatas atau wadah plastik lain agar lauk tidak mudah tumpah. Sering sekali masalah terjadi karena makanan catering cepat basi karena ada lauk ataupun sayur yang tumpah ke nasi. Kemudian usahakan juga agar porsi makanan tersebut pas, tidak terlalu banyak ataupun sedikit.

  1. Taktik Promosi yang Bagus

Pikirkan pula bagaimana Anda memasarkan produk catering tersebut ke masyarakat luas. Bukan hanya asal menyebar brosur ataupun pamflet secara sembarangan. Perhatikan mengenai desain pamflet tersebut, gambar tiap jenis catering yang ditawarkan, dan kalimat yang dipakai. Anda juga bisa memanfaatkan digital marketing seperti promosi lewat media sosial, membagikan pesan lewat aplikasi ponsel, dan sebagainya. Makin sering promosi maka makin besar peluang mendapatkan pelanggan. Selain itu, pastikan kalau iklan catering tepat sasaran, misalnya dibagikan di area perkantoran, kampus, pabrik, dan orang-orang yang sekiranya membutuhkan layanan catering makanan.

Bisnis catering bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan karena kebutuhan orang akan makanan siap antar, praktis dan terjangkau tidak ada habisnya. Tidak seperti berjualan pakaian ataupun barang lainnya karena bisa termakan oleh zaman. Kalau sudah tidak populer maka trend tersebut tidak diminati lagi. Meskipun begitu, Anda bisa melakukan berbagai macam inovasi pada catering makanan seperti menciptakan menu baru, paket menarik, dan sebagainya.